Awarding Kyu Certificates at Tenkei Aikidojo UI

Sabtu, 20 Februari 2016

Sesi latihan Aikido hari ini diakhiri dengan peristiwa yang jarang terjadi, yakni pemberian sertifikat kepada para murid yang telah lulus ujian kenaikan tingkat. Sertifikat sebagai simbol kenaikan tingkat diberikan kepada murid yang berhasil naik ke tingkat selanjutnya, dari tingkatan mereka yang sebelumnya. Misalnya, murid yang sebelumnya berada di tingkat Kyu 6, setelah lulus ujian naik ke tingkat Kyu 5. Murid yang sebelumnya berada di tingkat Kyu 5, setelah lulus ujian naik ke tingkat Kyu 4. Begitu seterusnya.

Sedikit penjelasan, sistem tingkatan yang harus dilalui oleh seseorang yang mempelajari Aikido hampir sama dengan yang dilalui oleh praktisi seni beladiri asal Jepang lainnya, yaitu sistem Kyu (mudansha, tidak memiliki dan) untuk tingkat dasar dan Shodan (yƫdansha, memiliki dan = ahli) untuk tingkat mahir. Praktisi yang berada di tingkat Kyu 6 sampai Kyu 4 mengenakan sabuk putih, sementara praktisi yang mencapai tingkatan Kyu 3 sampai Kyu 1 mengenakan sabuk cokelat.



Berikut beberapa dokumentasi yang sempat diabadikan oleh tim fotografer Tenkei Aikidojo UI siang ini:

Halimah is now symbolically Kyu 3
Adi Respati receives his Kyu 4 certificate
Haikal holds his Kyu 4 certificate

Adapun tujuan pemberian sertifikat selain sebagai bukti kelulusan seorang murid sehingga dapat meneruskan ke tingkatan selanjutnya, juga sebagai motivasi agar murid-murid yang belajar di Dojo, khususnya Tenkei Aikidojo dapat menerima dan mempelajari dengan lebih baik lagi teknik-teknik yang diajarkan oleh para Sensei..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tenkei Aikidojo Membuka Dojo Baru di Area Menteng

Peran Sempurna Seorang Uke

Sejarah Tenkei Aikidojo