TENKEI AIKIDOJO GOES TO TRANS7 DOJO


Onegai shimasu

Sejalan dengan program bulanan Tenkei Aikidojo yaitu “Kunjungan Silaturahmi dan Latihan Bersama Tenkei Aikidojo  ke Dojo Lain”, kami menerima undangan/ajakan via whatsapp oleh Sensei Robaga untuk berlatih bersama di Trans7 Dojo pada tanggal 16 Oktober 2013. Trans7 Dojo yang berada di sekitar Jl. Kapt. Tendean, Jakarta Selatan tersebut berada dibawah bimbingan Sensei Dzulham (Dan 4). Beliau seorang aikidoka senior yang kurang lebih seangkatan dengan Sensei Eka (ujian shodan bersama di tahun 1995), murid dari Sensei Dede Lesmana (Dan 5).

Hadir dalam latihan bersama tersebut dari Tenkei Aikidojo adalah Sensei Eka, Farman, dan Muhammad. Acara tersebut juga dihadiri oleh teman – teman dari dojo lain yaitu Sensei Robaga (RGS Aikido Club), Sensei Rista (Shozen Kai Sepolwan Dojo), Sensei Harry (Manggarai Dojo), dan murid tiap-tiap sensei tersebut dengan jumlah keseluruhan sekitar 16 orang.


Latihan dimulai sekitar pukul 19.30 dibuka oleh Sensei Dzulham dengan beberapa teknik seperti irimi nage dan kokyu nage. Sensei Dzulham kemudian memberikan kesempatan kepada para sensei yang lain untuk berbagi pengetahuan dalam acara latihan bersama ini, yang langsung disambut oleh Sensei Robaga dengan mengajarkan latihan shomen uchi ikkyo nagare, pola latihan tersebut sering dilakukan oleh Sensei Hiroshi Tada (Dan 9, Aikikai Hombu Dojo) dan murid–murid beliau.

Latihan dilanjutkan di bawah bimbingan Sensei Eka yang mengajarkan beberapa teknik kihon tetapi dengan sentuhan “warna Tenkei”, yang menurut istilah beliau yaitu “dengan pola pikir sedikit berbeda”. Teknik yang dilatih adalah sankyo dan sumi otoshi. Kemudian bergantian Sensei Rista dan Sensei Harry memimpin latihan dengan teknik irimi nage dan kokyu nage dengan model yang sedikit berbeda dari yang biasa dilatih teman-teman dari Trans7 Dojo.



Sekitar pukul 22.00 latian berakhir,  waktu tersebut sebenarnya  melebihi jam latihan biasanya. Namun, Sensei Dzulham tetap memperbolehkan karena latihan hari itu memang bukan seperti latihan rutin. Bahkan, Sensei Dzulham mengajak kepada semua tamu untuk datang berlatih bersama lagi pada jadwal latihan Trans7 Dojo berikutnya.
 
Yang patut dipuji dari semua peserta adalah walaupun dengan tempat latihan yang luasnya terbatas dan lokasi penyimpanan matras yang agak jauh, secara keseluruhan latihan berjalan dalam suasana menyenangkan dan semangat tinggi.

Mewakili Tenkei Aikidojo, kami mengucapkan terima kasih kepada Sensei Dzulham dan teman-teman Trans7 Dojo atas kesempatan yang diberikan untuk berlatih bersama, Sensei Robaga atas undangannya, serta  Sensei Rista, Sensei Harry, dan teman-teman lainnya.
 

Sampai bertemu di acara “Kunjungan Silaturahmi dan Latihan Bersama Tenkei Aikidojo ke Dojo Lain”, semoga kehadiran peserta dari Tenkei Aikidojo semakin banyak dan tiap acara memberi manfaat bagi kita semua.

Domo Arrigato Gozaimashita   m(__ __)m

 Jakarta, 13 November 2013

 (Farman Razif)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tenkei Aikidojo Membuka Dojo Baru di Area Menteng

Peran Sempurna Seorang Uke

Sejarah Tenkei Aikidojo