TENKEI AIKIDOJO GOES TO SHOZEN KAI SEPOLWAN DOJO


Onegai shimasu


Acara “Kunjungan Silaturahmi dan Latihan Bersama Tenkei Aikidojo ke Dojo Lain” kali ini bertempat di Shozen Kai Jakarta Aikido Dojo (Sepolwan Dojo) bimbingan Sensei Rista, yang berada di daerah Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Latihan kali ini dilaksanakan pada jadwal latihan rutin Sepolwan Dojo hari Senin 21 Oktober 2013, dengan dihadiri oleh Sensei Eka, Prama, Kenny, Muhammad, Uci, Rara, Azwar, Ageng, dan Farman dari Tenkei Aikidojo, Fajar dari Mizu Dojo, serta Sensei Rista dan teman-teman Sepolwan Dojo sendiri, dengan jumlah semuanya sekitar 15 orang.


Dibuka dan dipimpin oleh Sensei Rista, latihan berlangsung dengan suasana serius tapi santai di dojo yang selalu mengundang pujian dan kekaguman teman-teman aikidoka lainnya karena keluasan tempat latihan yang beralaskan tatami permanen,  pencahayaan yang agak temaram dan didampingi dengan suara mars yang dikumandangkan para polwan yang sedang melakukan olahraga sore persis di lapangan depan dojo melengkapi latihan bersama dengan nuansa yang sedikit berbeda dari dojo-dojo lainnya. Selain untuk latihan Aikido, dojo tersebut utamanya adalah sebuah dojo Judo di Sekolah Polisi Wanita, Pasar Jumat.
Latihan berlangsung menarik dikarenakan teknik-teknik yang diajarkan oleh Sensei Rista mempunyai bentuk yang agak banyak berbeda dengan teknik kihon dojo-dojo Aikikai umumnya.

Sedikit bercerita, Sensei Rista dan organisasi Shozen Kai-nya mengajarkan teknik Aikido yang diciptakan oleh salah satu murid terbaik O’ Sensei Morihei Ueshiba sendiri yaitu Sensei Shoji Nishio (Dan 8 Aikikai) dan diajarkan kepada Sensei Rista awalnya melalui Sensei Satoru Shigekoshi, murid dari Sensei Suzuki (salah satu murid Sensei Shoji Nishio langsung). Saat ini Shozen Kai, organisasi tempat Sensei Rista menjadi salah satu sensei utamanya, berinduk langsung ke Sensei Ichiro Shishiya (Dan 7 Aikikai), salah satu murid langsung Sensei Shoji Nishio. Sensei Ichiro Shishiya sendiri rutin mengadakan seminar di Jakarta, Indonesia, dan selalu dihadiri oleh peserta dari Tenkei Aikidojo.


Latihan berlangsung lebih akrab karena Sensei Rista juga mempunyai sejarah panjang dengan Sensei Eka dan cikal bakal Tenkei Aikidojo yaitu UI Dojo atau sekarang disebut Tenkei Aikidojo UI. Sensei Rista bersama dengan Sensei Eka ikut membangun Tenkei Aikidojo UI di kampus Universitas Indonesia, Depok, sejak tahun 1990-an. Sampai saat ini Sensei Rista masih sesekali melatih ken dan jo di Tenkei Aikidojo UI, yang biasanya dilakukan di hari sabtu pagi.

Kembali ke acara latihan bersama di Sepolwan Dojo, Sensei Eka memimpin latihan di sekitar 1 jam terakhir dengan mengulang beberapa teknik yang diajarkan Sensei Rista dengan “cara pandang/pola pikir yang sedikit berbeda” dari yang biasa dilatih oleh teman-teman Sepolwan Dojo saat melakukannya.

Salah satu teknik favorit yang sempat dilatih setelah selesai latihan oleh Prama dan saya dengan dibimbing Sensei Eka adalah kosadori kotegaeshi yang ditunjukkan oleh Sensei Rista. Teknik tersebut kurang lebih dilakukan dengan cara bergerak seperti “memotong” uke dengan gerak yang bisa disebut dengan  beberapa nama seperti hidari jogo giri/ gyaku kesa giri/ kiri age, yang intinya memotong dari arah kiri bawah kearah kanan atas. Gerakan irimi yang dilakukan adalah kearah depan uke, berbeda dengan gerakan irimi yang umumnya dilakukan untuk teknik kosadori kotegaeshi yaitu irimi atau melangkah kearah belakang uke.

Selesai latihan seperti biasa diakhiri dengan foto bersama dan saling memperkenalkan diri sehingga suasana semakin akrab.

Terima kasih kepada Sensei Rista dan teman-teman Sepolwan Dojo atas kesempatan yang diberikan untuk berlatih bersama, semoga dapat saling mengambil manfaat dari acara tersebut.


Sampai bertemu di acara “Kunjungan Silaturahmi dan Latihan Bersama Tenkei Aikidojo ke Dojo Lain” berikutnya.

Domo Arigato Gozaimashita   m(__ __)m

Jakarta, 13 November 2013

(Farman Razif)

Komentar

  1. Terima kasih untuk kunjungannya ke dojo Sepolwan, kami tunggu kehadirannnya lain waktu untuk meramaikan dojo Sepolwan. (Jakarta Aikido Dojo - Aikido Shozenkai Indonesia)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tenkei Aikidojo Membuka Dojo Baru di Area Menteng

Peran Sempurna Seorang Uke

Sejarah Tenkei Aikidojo