Latihan Bersama di Bulan Mei


Sabtu pagi (15/05) yang cerah, mengawali persiapan latihan bersama kami. Persiapan kami dimulai bersama-sama mengangkat matras ke tempat latihan. Matras telah tertata rapi di dekat ruang Carrier Development Center Pusgiwa UI. Latihan pun dimulai pukul 10.30 pagi. Latihan dipimpin oleh Prama Senpai dengan teknik Morote dori Tenkan dan Morote dori Kokyu Ho




Beberapa menit kemudian, latihan selanjutnya dipimpin oleh Eka Sensei. Dalam pengajarannya Eka Sensei  memberikan teknik serangan Shomen uchi Ikkyo dalam bentuk Suwari Waza atau duduk, omote dan ura. Dalam sesi latihan ini Sensei menjelaskan bahwa cara melakukan serangan Shomen uchi yang benar adalah dengan menggunakan bagian sisi pinggir tangan di bawah jari kelingking. Pada bagian itu serangan Shomen uchi harus tepat sasaran ke bagian tengah jidat uke. Seperti  menggunakan bokken saat melakukan Shomen uchi.


Selanjutnya teknik yang diajarkan oleh sensei masih sama. Namun, kali ini dalam keadaan berdiri. Dalam teknik ini uke seperti terpental kakinya ke belakang. Karena nage melangkah maju lalu uke dibawa masuk kembali ke center line (garis tengah sejajar dengan Seika Tanden) nage. Teknik berikutnya sensei mengajarkan dengan eksekusi sedikit berbeda. Tidak ada langkah ke depan, tetapi uke langsung dibawa masuk ke bawah center line nage

Teknik berikutnya, sensei mengajarkan untuk melatih musubi. Serangannya masih sama. Pada  latihan  ini sensei mengajarkan untuk tetap rileks dan mengatur napas. Agar bisa musubi. Karena nage tidak memberitahukan lebih dulu tangan sebelah mana yang akan menyerang. Jika kedunya bisa saling rileks dan mengatur napas. Maka nage dan uke bisa harmonisasi melakukan teknik. 

Latihan dilanjutkan dengan berlatih teknik kuncian. Teknik kuncian yang diajarkan oleh sensei adalah uke menaruh telapak tangan di sisi dada kanan atau kiri dekat dengan bahu.  Selanjutnya nage melakukan teknik dengan menggunakan memutar sisi dalam sikut ke dalam hingga berputar terbalik sampai berada di bawah lalu dikunci nikyo. Teknik kuncian ini berlanjut lagi. Serangan uke masih sama. Namun, nage meletakan telapak tangannya pada punggung tangan uke. Kemudian nage memanfaatkan sikutnya menempel dengan sikut uke lalu diputar ke arah bawah hingga uke tengkurap dan sedikit dikunci. Setelah itu, latihan ditutup dengan katate dori kokyu ho secara berkelompok dengan para senpai.

Latihan bersama yang jatuh di hari libur umat Budha ini dihadiri oleh Eka Machdi Ramdani Sensei, Farman Senpai, Anton Senpai, Prama Senpai, Sayid Senpai, Juna Senpai, Dita Senpai, Kenny SenpaiMuhammad Senpai, Ririen SenpaiRizky Senpai, Azwar Senpai, Mailani Senpai, Rara Senpai, Eka, Halimah, Adi, Titah, Ratih, dan Shelly. Latihan juga dihadiri oleh tamu dari Dojo Aikikenyukai Cipete, yaitu Bagyo Senpai. Terima kasih Sensei, para Senpai dan para Kohai atas latihan bersama bulanan Tenkei Aikidojo kali ini. Sampai bertemu dan tetap semangat di latihan berikutnya. (Ageng Wuri)
           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tenkei Aikidojo Membuka Dojo Baru di Area Menteng

Peran Sempurna Seorang Uke

Sejarah Tenkei Aikidojo