Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2014

Kunjungan dan Latihan Bersama Awal Tahun di Dojo Aikikenyukai Koshinkan Cipete

Gambar
Musim hujan di bulan Januari yang nggak kunjung henti, nggak menyurutkan semangat dan langkah kami. Sepertinya matahari masih malu-malu untuk keluar hari itu. Hujan hari itu datang dan pergi. Kadang gerimis, kadang reda, kemudian gerimis lagi. Untung hanya gerimis. Gerimis membawa kami berkunjung ke Dojo Cipete untuk silaturahmi dan latihan bersama. Sore hari (18/01), setelah latihan di Tenkei Aikidojo UI berakhir, kami mengadakan rapat kecil, bisa dibilang begitu. R ombongan kecil kami ter bagi dua. Rombongan cewek dan cowok. Rombongan cewek : saya dan senpai Rara. Rombongan cowok : senpai Ardian dan senpai Azwar. Rombongan cewek berangkat naik kendaraan umum. Rombongan cowok naik motor berboncengan, romantis sekali mereka. :p

The Ego

Gambar
我 Ohayouu ... Apa kabar? Semoga tetap semangat yah latihannya . Kali ini kita akan membahas salah satu tujuan berlatih aikido . Di aikido , Sensei sering kali mengingatkan kita untuk selalu mempertahankan center dan memperkuat tanden supaya energi Ki dapat mengalir dengan lancar sehingga Aiki bisa muncul. Sensei Eka pernah memberikan wejangan mengenai tujuan melatih tanden (dalam hal ini yang dimaksud adalah seika no itten , seika tanden atau kikai tanden . -Red ) dalam aikido adalah untuk melatih ego kita. Rupanya, tanden (baca: Seika Tanden ), yang terletak kira-kira 3 (tiga) jari di bawah pusar, adalah pusat keseimbangan, pernapasan, dan body awareness . Tanden sering dideskripsikan sebagai “the root of the tree of life" karena diasosiasikan sebagai tempat membangkitkan energi kehidupan ( qi ) dan energi seksual ( jing ). 

Self-Healing

Gambar
Self-healing adalah suatu proses pengkondisian pikiran, tubuh, dan jiwa menjadi keadaan relaks, tenang, dan positif. Tujuannya adalah untuk menciptakan harmonisasi di dalam tubuh kita agar semua jaringan tubuh bekerja sesuai dengan fungsinya sehingga tubuh menjadi sehat. Adapun definisi s elf-healing yang saya ambil dari Wikipedia; “ Self-healing is a phrase applied to the process of recovery (generally from psychological disturbances, trauma, etc.), motivated by and directed by the patient, guided often only by instinct. Such a process encounters mixed fortunes due to its amateur nature, although self-motivation is a major asset. The value of self-healing lies in its ability to be tailored to the unique experience and requirements of the individual. The process can be helped and accelerated with introspection techniques such as Meditation . ”